Bisnis Kedai Kopi Tercekik Pandemi Covid

Bisnis Kedai Kopi Tercekik Pandemi Covid

Angka itu lebih tinggi dua kali lipat ketimbang Negara-negara produsen kopi lain. Miliki sumber daya alam yang melimpah dan pasar yang luas, bukan berarti bisnis kopi Indonesia bebas dari hambatan. Indonesia masih punya kompotitor yang tidak kalah produktif memproduksi kopi. International Coffe Organization merilis Indonesia masih berada di belakang Brazil dan Vietnam yang masih merajai produksi kopi di dunia. Ranu juga meyakini bahwa bisnis espresso store merupakan bisnis yang menjanjikan, tapi harus diimbangi dengan pemahaman mengenai seluk beluk bisnis tersebut. Perlu diingat jika biaya sewa merupakan biaya tetap dengan komposisi yang sangat besar dalam membuka kedai kopi, sekalipun hingga 30%.

Bisnis Kopi

Jurnal juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis, misalnya memonitor stok barang, mengirim bill, dan lain sebagainya. Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan hingga membuat keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah dan instan, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi ios dan android Jurnal.

Investasi tersebut membuat dua brand kopi lokal ini semakin rajin membuka gerai baru dan ekspansi dengan sangat cepat. Untuk biji kopinya mereka mendapatkan pasokan langsung dari Media Roastery dengan house blend 80% kopi robusta dan 20% arabika. Hingga akhirnya, kedai bernama Sodare Kopi dapat berjalan dan sudah beroperasi kurang lebih satu bulan. Pahitnya kopi dipadukan dengan gurihnya susu, lalu ditambah sebongkah es batu amat menyegarkan lidah dan tenggorokan.

Melintasi gender, status sosial, usia, hingga tim bubur diaduk dan tidak diaduk. Kopi mampu menjadi minuman pelipur dahaga sekaligus topik cerita, itulah salah satu sebab bisnis kopi digandrungi banyak pemuda. Menurut dia, rasa dan suasana kedai kopi menjadi pilihan bagi penikmat kopi. Konsep bisnis yang seperti ini sebenarnya sudah ada sejak COVID-19 belum datang ke dunia. Selain itu, banyak pelanggan yang mulai mengalami perubahan kebiasaan setiap hari.

Sebastian menilai, saat ini edukasi untuk para petani tentang pengolahan pasca panen untuk mendapatkan kopi yang berkualitas belum berjalan dengan baik. Meski usahanya baru seumur jagung, bukan berarti penjualan Lingko Coffee seret. Dalam sebulan, Sebastian mengaku bisa menjual kopi bubuk sebanyak 30 pcs. Dengan penjualan sebanyak itu, jika dihitung, total omzet yang bisa dipetik Sebastian berkisar Rp 6 juta per bulan. ‘’Jadi bisnis kopi di Indonesia saat ini bisa dibilang sangat dahsyat.

Pemilihan tempat menjadi strategi yang pertama yang harus Anda perhatikan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis kopi yang Anda kelola. Dalam memilih tempat yang akan digunakan dalam bisnis kopi tentu Anda harus melakukan survey terlebih dahulu dengan lokasi yang Anda incar. Pemilihan tempat dengan lokasi yang strategis dengan banyaknya orang ramai menjadi pilihan yang sangat baik untuk menentukan lokasi bisnis kopi.

Jangan lupa berikan pelayanan yang memuaskan pada seluruh pelanggan. Pasalnya, kepuasan pelanggan merupakan salah satu bentuk promosi juga lho. Kamu pasti tau ‘kan word of mouth atau metode promosi dari mulut ke mulut? Yap, pelayanan yang baik akan membuat para pelanggan merekomendasikan usahamu ke keluarga, teman, atau relasinya sehingga usaha kamu akan cepat dikenal. Perlu diingat, saat menentukan lokasi usaha, kamu juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

Perlu diketahui, Bengkulu punya beragam jenis kopi, mulai dari Arabika, Robusta, sampai Liberika. Namun demikian, sekitar ninety five persen kopi Bengkulu merupakan varian Robusta. Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong merupakan dua daerah utama penghasil komoditas ekspor tersebut.

Comments are closed.